Uraian Komplet di bawah ini dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat anda mempelajari / mengetahui seluruh informasi tentang Program Perkuliahan Karyawan (Hybrid), seperti berikut ini.
Penerimaan / Pendaftaran Mahasiswa Baru Program S1, D3 dan S2 Perkuliahan Karyawan (Hybrid)
Penerimaan / Pendaftaran Mahasiswa Baru diadakan SETIAP SEMESTER
Uraian Komplet tentang Perkuliahan Karyawan (Hybrid) serta Pendaftaran seperti di bawah ini.
Tempat Kuliah di Kampus Perguruan Tinggi Swasta terkait
Program ini diselenggarakan PTS terkait untuk melaksanakan KOMITMEN SOSIAL, dengan memberi kesempatan kepada seluruh masyarakat, baik yang memiliki waktu luang terbatas maupun dana terbatas untuk melanjutkan pendidikannya ke Program S1, D3 dan S2 Perkuliahan Karyawan (Hybrid) secara layak dan bermutu.
TIDAK ADA UJIAN NEGARA, sama dengan PTN.
DAFTAR ISI
Cara Cepat + langsung ke Halaman Isi - Silakan Klik di bawah ini :
Mengisi "Form Jadwal Pembayaran Angsuran Kredit Biaya Pendidikan"
⍞
Membayar Biaya pendaftarannya Rp 100.000,-
⍞
Untuk Lulusan SMA/SMK/SLTA Sederajat: » Menyerahkan Foto Copy Ijazah/STTB yang dilegalisir asli 2 lembar. » Menyerahkan Foto Copy Nilai/NEM yang dilegalisir asli 2 lembar.
⍞
Untuk Lulusan D3/D2/D1/S1 : » Menyerahkan Foto Copy Ijazah yang dilegalisir asli 2 lembar. » Menyerahkan Foto Copy Transkrip Nilai yang dilegalisir asli 2 lembar.
⍞
Untuk Mahasiswa Pindahan: » Menyerahkan Foto Copy Ijazah/STTB SLTA yang dilegalisir asli 2 lembar. » Menyerahkan Transkrip Nilai dari Kampus Asal yang dilegalisir asli 2 lembar. » Surat Keterangan Pindah (Dari Kampus Asal).
⍞
Menyerahkan Pas Foto terakhir ukuran 2 x 3, 3 x 4, 4 x 6 (masing-masing 5 lembar) - dapat menyusul
⍞
Membawa Materai Rp 10.000 (1 buah).
Catatan (Penjelasan) :
⍞
Untuk Ijazah/STTB/Transkrip Nilai, saat pendaftaran cukup foto copy-annya saja. Nanti setelah melakukan herregistrasi untuk menjadi mahasiswa, barulah melengkapinya dengan dokumen yang sudah dilegalisir.
⍞
Formulir Pendaftaran dan Form lainnya dapat diperoleh secara GRATIS di masing-masing kampus PTS terkait, atau dapat diminta secara GRATIS melalui layanan info 17 jam, atau dapat melalui pendaftaran on line (silakan klik di bawah ini), atau pada situs/website masing-masing PTS terkait.
⍞
Pendaftaran dibuka SETIAP HARI (termasuk Sabtu dan Minggu) : Senin s/d Minggu jam 09.00 - 17.00
⍞
Pendaftaran Mahasiswa Baru dapat dilaksanakan dengan salah satu cara sbb :
langsung dilaksanakan di masing-masing Kampus Perguruan Tinggi Swasta terkait (Sekretariat P2K / PKK) atau diwakilkan;
Beban studi dan masa studi yang harus ditempuh mahasiswa Program Reguler maupun P2K / PKK (perkuliahan karyawan, kelas karyawan/pegawai, kuliah sabtu minggu plus) dan PKSM (kelas sore/malam, kelas paralel) serta program ekstensi mengikuti standar yang sudah ditetapkan pemerintah, yaitu : Sesuai Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 (silakan klik) tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
Untuk
Beban Studi (SKS yang ditempuh)
Masa Studi
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke S1
Beban Studi = 144 - 152 sks
8 semester
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke D-III
Beban Studi = 110 - 114 sks
6 semester
Lulusan S-1, sederajat melanjutkan ke S-2
Beban Studi = 54 - 72 sks
3 - 4 semester
Lulusan D3, Politeknik, Akademi, sederajat melanjutkan ke S1
Beban Studi = 40 - 46 sks (Bila tidak sebidang ilmu ada tambahan 2 - 21 sks)
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, Pindahan melanjutkan ke S1
Dihitung dari sisa sks
Dihitung sisa sks
Lulusan D1, D2, Pindahan melanjutkan ke D3 (D-III)
Sesuai UU-RI No.20 Th.2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) pada Pasal 19 ayat (2) bahwa "Pendidikan Tinggi diselenggarakan dengan Sistem Terbuka". Dalam penjelasan UU-RI tsb ditulis : "Pendidikan dengan sistem terbuka adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan fleksibilitas pilihan dan waktu penyelesaian program lintas satuan dan jalur pendidikan (multi entry-multi exit system). Peserta didik dapat belajar sambil bekerja, atau mengambil program-program pendidikan pada jenis dan jalur pendidikan berbeda secara terpadu dan berkelanjutan .... dst." (Download Undang-Undang SISDIKNAS (54 kb)).
Penjadwalan kuliahnya berkualitas, waktu kuliah dapat dipilih, tidak jenuh, tidak mengganggu jadwal kerja mahasiswa yang sudah bekerja, dan mahasiswa masih memiliki waktu luang untuk berlibur/istirahat atau melaksanakan hal lainnya (tidak menghabiskan seluruh waktu luangnya untuk kuliah).
Bagi mahasiswa yang bekerja dengan sistem shift (pergantian waktu), tetap dapat mengikuti kuliah dengan baik. Karena sistem pendidikannya dilaksanakan secara profesional dengan mengintegrasikan Program Perkuliahan Karyawan dan Program Reguler, sehingga mahasiswa yang bekerja dengan sistem shift (pergantian waktu) dapat mengikuti kuliah di program lainnya dengan mekanisme tertentu.
Catatan :
⍞
Untuk mengetahui lebih jelas mengenai waktu kuliah (penjadwalan kuliah), dapat ditanyakan melalui Layanan Informasi 17 Jam atau dapat ditanyakan langsung di Sekretariat Perkuliahan Karyawan (Hybrid).
PTS terkait - Perguruan Tinggi Swasta terkait Kampus :Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.486, RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740
Alumni serta mahasiswa Perkuliahan Karyawan (Hybrid) maupun Kelas Reguler mempunyai bobot / kualitas, gelar, status, hak akademik, dan ijazah yg SAMA.
⍞
Alumni P2K memiliki gelar sesuai dgn jenjang pendidikan dan program studi/jurusan/bidang keilmuannya, serta memiliki hak mengaplikasikan gelarnya serta memiliki hak untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke jenjang yang lebih tinggi.
⍞
Ijazah serta Transkrip Akademik (Transkrip Nilai) Perkuliahan Karyawan (Hybrid) dan Kelas Reguler yakni SAMA. Dan di dalam Ijazah maupun Transkrip terkait, tidak tertulis apakah Alumni P2K ataukah Alumni Perkuliahan Reguler. Karena P2K merupakan Kelas Reguler dengan jadwal pelajaran serta peserta pelajaran yang berbeda.
Bagi mahasiswa perkuliahan karyawan (hybrid) yg bekerja dgn sistem shift / pertukaran waktu, tetap dapat mengikuti pendidikan tinggi dengan baik. Karena sistem pendidikannya diselenggarakan dgn kompetensi dengan memadukan Program Perkuliahan Karyawan (Hybrid) serta Kelas Reguler, sehingga mahasiswa yg memiliki pekerjaan dgn sistem shift / pertukaran waktu bisa mengikuti pendidikan di program lainnya dengan mekanisme tertentu.
⍞
Alumni Program Perkuliahan Karyawan (Hybrid) mempunyai keahlian penguasaan teori yang kuat sekaligus aplikasinya, serta keahlian profesional serta cara pandang yang sempurna; memajukan sikap mental profesional yg berorientasi pada penuntasan problematik berlandaskan alur berpikir-sistem; mampu meningkatkan kajian-kajian teoritis konsepsional paling baru; memiliki keahlian melakukan beraneka ragam penelitian dasar maupun terapan.
⍞
Karena diselenggarakan dgn kompetensi, sistem pendidikannya sangat layak bagi karyawan yg sibuk dengan karirnya maupun bagi yg belum memiliki pekerjaan. Di samping kuliah tatap muka di dalam kelas, juga memanfaatkan beraneka macam metode efektif melalui tugas person/kelompok yang terarah serta komunikatif, serta diakhiri dengan bimbingan pengerjaan tugas akhir / proyek akhir (D3) / skripsi (S1) / tesis (S2) yang terarah, terprogram serta terjadwal sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikan tinggi tepat pd waktunya.
⍞
Bagi mahasiswa perkuliahan karyawan (hybrid) yang telah memiliki pekerjaan diijinkan tidak masuk (absen) di pelajaran untuk beberapa pertemuan, jikalau mahasiswa terkait mendapat tugas kerja lembur, atau kerja dgn sistem shift / pertukaran waktu, tugas ke luar kota/negeri, dengan melalui mekanisme tertentu.
⍞
Kurikulumnya didisain sedemikian rupa dengan mengaplikasikan Sistem SKS (Sistem Kredit Semester). Bobot / kualitas kurikulumnya didisain sedemikian rupa di samping bersumber Kurikulum Nasional (KURNAS), demikian juga berlandaskan perkembangan ilmu, teknologi, serta seni, serta terhadap keperluan profesionalitas dunia kerja serta kebutuhan untuk pendidikan lanjut ke yg lebih tinggi (ke Program Pascasarjana (S-2) untuk alumni Srata Satu / S1, ke Program S1 (Sarjana) untuk alumni Diploma Tiga / D3, dan ke Program S3/Doktor untuk alumni Srata Dua / S2).
⍞
Alumni Program S1, D3 dan S2 Perkuliahan Karyawan (Hybrid) juga mampu aktif berperan-serta pada kelompok kerja; mampu berkomunikasi dgn para pakar pada bidang keahlian lain serta memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit usaha mandiri sebagaimana kelompok ilmunya, mampu mengikuti perkembangan baru pd bidang keilmuannya, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi/jurusan di tingkat lebih lanjut.
⍞
Alumni Program S1, D3 dan S2 Perkuliahan Karyawan (Hybrid) disiapkan untuk menjadi Sarjana (S1), Ahli Madya (D3) atau Magister/Master (S2) sebagaimana program studi/jurusannya, yang dapat memajukan jati dirinya dengan bekal ilmu, teknologi, serta seni, sehingga mampu menyelesaikan problematik sekaligus meningkatkan ilmunya.
⍞
Kompetensi alumninya dalam hal menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur serta inti problematik serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penuntasannya; mengetahui dan bisa memanfaatkan kegunaan teknologi informasi; dapat memanfaatkan ilmu; cakap serta terampil sesuai dgn bidang keilmuannya; bisa memutuskan menganalisis serta penyelesaian masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang diadakan; dapat mengaplikasikan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri di dalam bekerja dan berupaya.
⍞
Jikalau mahasiswa perkuliahan karyawan (hybrid) tidak lulus suatu mata pelajaran, dapat memperbaikinya di semester atau tahun atau periode berikutnya tanpa dipungut biaya tambahan.
⍞
Kompetensi dasar alumni Program S1, D3 dan S2 Perkuliahan Karyawan (Hybrid) yakni mempunyai bobot / kualitas serta integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri serta menerima informasi ilmiah; mengetahui cara dan dapat selalu belajar.
⍞
Alumni Perkuliahan Karyawan (Hybrid) juga disempurnakan dengan ilmu, etika akademik serta profesi, keahlian dan keterampilan untuk mengelola tim/organisasi secara sempurna pada bidang yang sesuai dgn bidang keilmuannya; keahlian bekerjasama di dalam tim, keahlian memahami ilmu terhadap etika, keahlian memahami ilmu sebagaimana bidang keilmuannya, sekaligus disempurnakan dengan keahlian untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kebutuhannya.
Terpercaya di dalam penyelenggaraan Perkuliahan Karyawan (Hybrid), dikarenakan telah dilaksanakannya dua prasyarat / syarat wajib penyelenggaraan program tsb, yakni :
Penyelenggaraannya telah sesuai dgn seluruh yang dibutuhkan dunia kerja (kurikulum, waktu kuliah, jadwal pelajaran, dosen, sistem pendidikan tinggi, dll).
Penyelenggaraannya sesuai dgn standar akademik (telah sesuai dgn regulasi / peraturan).
⍞
Baik dgn mengaplikasikan kendaraan/angkutan sendiri maupun kendaraan umum, lokasi kampusnya sangat mudah dijangkau.
⍞
Kurikulum program perkuliahan karyawan (hybrid) serta proses belajar-mengajarnya didisain sedemikian rupa dgn mengaplikasikan Sistem SKS (Sistem Kredit Semester) yg diselenggarakan dgn kompetensi serta sangat layak bagi karyawan, sehingga mahasiswa perkuliahan karyawan (hybrid) yang sibuk bekerja tetap bisa menyelesaikan pendidikan tinggi sesuai masa studinya.
⍞
Dosen (tenaga pengampu) di Program Perkuliahan Karyawan (Hybrid) merupakan dosen profesional sesuai dgn bidang keilmuannya.
⍞
Jadwal pendidikan Program Perkuliahan Karyawan (Hybrid) berbobot / kualitas, tidak jenuh, tidak mengganggu jadwal pekerjaan bagi yg telah memiliki pekerjaan, serta mahasiswa perkuliahan karyawan (hybrid) masih memiliki waktu luang untuk berlibur/istirahat, dll.
⍞
Segenap konsentrasi/peminatan di Perkuliahan Karyawan (Hybrid), tidak ada ujian negara. Sama dgn PTN / Perguruan Tinggi Negeri.
⍞
Jikalau mahasiswa perkuliahan karyawan (hybrid) tidak lulus suatu mata pelajaran, dapat memperbaikinya di semester atau tahun atau periode berikutnya tanpa dipungut biaya tambahan.
⍞
Alumni serta mahasiswa Perkuliahan Karyawan (Hybrid) maupun Program Kuliah Reguler Pagi mempunyai bobot / kualitas, gelar, status, hak akademik, dan ijazah yg SAMA.
Pada seleksi dan pendaftaran mahasiswa baru diterapkan sistem OSS (One Stop Service), sehingga berkualitas dan memberikan layanan cepat dan terbaik kepada masyarakat (calon mahasiswa baru). Dengan diterapkannya sistem ini, maka sistem seleksinya dapat langsung dilakukan bersamaan saat pendaftaran mahasiswa baru. Atau jadwal seleksi/wawancaranya dapat ditentukan sendiri oleh calon mahasiswa seperti berikut ini.
⍞
Seleksi/wawancara dan pendaftaran dapat langsung dilakukan di Kampus PTS terkait (Sekretariat P2K / PKK), atau dapat melalui (via) telepon, fax, surat (POS), atau internet.
⍞
Jadwal Seleksi/Wawancara ditentukan sendiri oleh Calon Mahasiswa, atau dapat langsung dilakukan bersamaan pada saat melakukan pendaftaran.
⍞
Tidak diperlukan persiapan khusus untuk mengikuti seleksi/wawancara, justru lebih baik adanya saja.
⍞
Hasil wawancara langsung diumumkan ke calon mahasiswa, saat selesai wawancara.
⍞
Seleksi calon mahasiswa perkuliahan karyawan (hybrid) berupa wawancara yang dilakukan sekaligus, yaitu Wawancara Akademik, Wawancara Finansial/Keuangan, serta Wawancara Adminsitrasi dan Marketing.
⍤
Wawancara Akademik, dilakukan untuk mengetahui perlu/tidaknya diberikan tambahan pengetahuan dasar, sehingga nantinya mampu menyelesaikan studi tepat pada waktunya. Jadi calon mahasiswa tidak perlu mempersiapkan diri secara khusus untuk wawancara akademik tersebut (justru lebih baik apa adanya saja).
⍤
Wawancara Finansial, untuk mengetahui kemampuan finansial calon mahasiswa, apakah nantinya dalam membayar biaya pendidikan perlu diberikan kredit tanpa bunga sehingga dapat mengangsur sesuai kemampuannya atau harus langsung membayar lunas.
⍤
Wawancara Administrasi & Marketing, untuk mengetahui kemampuan melengkapi dokumen lainnya, kegiatannya selama ini serta rencana yang akan datang, waktu luangnya, minat melanjutkan studi di PTS terkait, kemampuannya menjaga citra Perguruan Tinggi Swasta terkait, dan sebagainya.
Kami sangat berharap, bahwa Anda dapat turut memotivasi rekan kerja/keluarga/sahabat untuk meningkatkan kemampuan/kualifikasinya dengan melanjutkan studi, serta turut menginformasikan info ini.
Demikian, dan terima kasih sedalam-dalamnya telah membaca informasi ini serta kesediaan menyampaikan informasi.
Semoga hari ini Anda bahagia dan sukses selalu.
Salam hangat dan jabat erat, Kadept. Humas Perkuliahan Karyawan (Hybrid)
Hubungi kami 17 Jam
HP Bebas Pulsa : 0800 1234 000 Email :Contact Usklik WhatsApp : 0811 1990 9028 HP : 081 1110 4824 - 27
Tags / tagged: perkuliahan, karyawan, hybrid, uraian, komplet, prestasi, info, keseluruhan, keseluruhan seluruh, informasi, tentang program perkuliahan, lulusan, d, 3 d 2, d lulusan, 3 mengambil, okt, 30 nov, 2025, des 2025 31, jan 2026, feb, 31 mar, menyusul, membawa materai, rp, 10 0 buah, catatan penjelasan, 2, 21 sks 3, semester lulusan, d2, s1 d1 pindahan